Rabu, 02 April 2008

COMPETITOR INTELLIGENCE

Competitor intelligence activity di era ketatnya kompetisi bisnis saat ini merupakan suatu aktivitas yang sudah menjadi kebutuhan dasar yang tidak terhindarkan bagi setiap insan pelaku bisnis. Berikut ini disampaikan sekelumit informasi yang ada di dunia competitor Intelligence :

 
1. Kebutuhan intelijen total bagi suatu perusahaan timbul apabila :
  • Ada tujuan perusahaan yang ingin dicapai.
  • Ada strategi untuk mencapai tujuan.
  • Ada support untuk mencapai tujuan.

2. Wujud-wujud kebutuhan intelijen bagi perusahaan dapat berupa :
  • Market intelligence.
  • Customer Intelligence
  • Supplier Intelligence
  • Competitor Intelligence
  • STEP (Social, Technology, Economic & Physical Environment ) Intelligence

3. Competitor Intelligence adalah hasil dari sebuah proses sistimatis dan legal untuk pengumpulkan data yang acak dan terpisah-pisah menjadi suatu pengetahuan strategis ( strategic knowledge ) dari kompetitor potensial.

4. Parameter kompetitor potensial adalah :
  • Perusahaan yang berpeluang menjadi ancaman pada masa mendatang.
  • Perusahaan yang sama besar marketnya.

5.  Kegiatan Competitor Intelligence dilakukan berdasarkan adanya kondisi
kompetisi saat ini dan sekaligus untuk mengantisipasi kondisi pada masa mendatang.

6. Kondisi prasyarat dapat dilakukan kegiatan Competitor Intelligence apabila :
  • Ada manfaat bagi perusahaan apabila kegiatan tersebut dilakukan.
  • Kegiatannya bersifat rahasia.
  • Ada pesaing.

7. Keberadaan Competitor Intelligence disuatu perusahaan biasanya menyamar menjadi : Bagian R&D, Bussiness Development, Marketing Development dlsb. Satu-satunya perusahaan di Indonesia yang tidak menyamarkan keberadaan ’organ Competitor Inteligence’ adalah PT HM Sampoerna.

8. Ciri perusahaan yang memiliki organ Competitor Inteligence :
  • Perusahaan memiliki visi ke depan & memiliki komitmen kuat pada visi tersebut.atau
  • Perusahaan diambang kebangkrutan.

9. Lima kunci sukses keberhasilan Competitor Inteligence :
  • Regionality : Data yang dihimpun tidak berlaku disatu tempat tertentu.
  • Dynamism : Data yang dipergunakan tidak berlaku untuk selama-lamanya sehingga harus ada updating data secara berkala.
  • Regulation : Harus ada UU yang mengatur,  Misal : UU Hak Cipta & Kekayaan Intelektual & melindungi dari tuduhan pencurian informasi.
  • Concentration : Fokus pada satu kompetitor / kategori kompetitor tertentu.
  • Integration : Datanya integrated  ( misal : datanya tidak semata-mata datasales tetapi juga data lainnya seperti data SDM, Finance,Kapasitas Produksi, R&D ).

10. Lima ” P ” tahapan pelaksanaan Competitor Inteligence :
  • Plan : Harus ada perencanaan kegiatan
  • People : SDM yang menjalankan harus mempunyai skill dan memahami cara-caranya.
  • Position : Harus diketahui bagaimana keberadaan dan peranannya bagai perusahaan   
        * Keberadaan penting / tidak penting.
        * Informasi yang disampaikan hanya sekedar di file / sekedar pelengkap ataukah menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh top manajemen.
  •  Process : Ada support dari manajemen.  
  • Performance : Kinerjanya bisa diukur & laporan yang disampaikan bukan
    sekedar laporan yang menyenangkan bagi manajemen.

11. Lima ”Right” of Competitor Inteligence :
  • Right Information : Infonya harus benar.
  • Right Source : Sumber infonya harus benar.
  • Right way using right technique : Mendapatkan infonya dengan menggunakan cara & teknik yang benar.
  • Right People : Tepat memilih orang yang akan melakukan tugas  Competitor Inteligence .
  • Right Manner : Orang tersebut punya skill & bisa dipercaya.
  • Right Time : Orang tersebut melakukan kegiatan Competitor Inteligence tepat pada waktunya. ( Dilakukan sebelum business plan dibuat ).
  • Right Action : Actionnya harus benar, misal : target 1.000 respon yang harus mencari 1.000 responden & tidak memanipulasi data maupun infomasi.

12. Sumber informasi. kegiatan Competitor Inteligence :
  • Primer : internal maupun eksternal ( misal : wawancara langsung )
  • Sekunder : internal maupun eksternal ( misal : laporan keuangan & pemberitaan dimedia massa).
13. Alat bantu yang dapat dipakai melakukan kegiatan Competitor Inteligence antara lain adalah :

  • Mariks Ansoff                                                * Matriks BCG
  • Analisa Tows                                                 * Analisa Porter
  • Model & Matriks 7S McKinsey                   * Marketing Mix Benchmarking


Demikian intisari dari "Competitor Intelligence Activity" ...... semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: